Benarkah Sering Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Kanker Hati?

Anda sering mengalami susah tidur? Bisa jadi Anda mengalami insomnia atau gangguan tidur lainnya. Perlu diketahui bahwa biasanya seseorang yang sering kurang tidur akan menjadi mudah lelah serta kurang terlihat segar ketika bangun di pagi hari. Tetapi dampak kurang tidur tidak hanya itu. Menurut salah satu penelitian asal Taipei menyatakan bahwa seseorang yang tidur lewat dari jam 10 malam maka dapat meningkatkan resiko kanker hati hingga 98%. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Simak selengkapnya berikut ini.

benarkah kurang tidur dapat meningkatkan kanker hati

Otak manusia mempunyai jam biologis sendiri yang tugasnya untuk mengatur ritme sirkadian pada tubuh. Peran jam biologis tersebut tidak hanya untuk mengatur pada waktu tidur saja, tetapi juga mengatur pada fungsi metabolisme tubuh supaya tetap berjalan dengan normal. Jika jam biologis tersebut mengalami gangguan atau terganggu maka secara otomatis fungsi dari berbagai organ tubuh akan ikut terganggu juga.

Menurut penelitian American Cancer Society, kaum pria akan lebih mudah mengalami kanker hati dibandingkan dengan kaum wanita. Dan hal ini juga dilakukan penelitian pada seekor tikus yang sama-sama mengembangkan karsinoma hepatoseluler (kanker hati yang paling umum) pada usia 78 minggu, tetapi hal ini lebih banyak terjadi pada tikus jantan.

Lalu bagaimana dampak dari kurang tidur yang menyebabkan kanker hati pada manusia?

Terjadinya gangguan pada jam biologis tubuh adalah sebagai efek dari kurang tidur yang akan menyebabkan mutasi genetik. Mutasi genetik tersebut akan membuat sel dalam tubuh berkembang menjadi kanker.

Supaya tidur Anda lebih cepat dan nyenyak, berikut ini ada beberapa tips supaya tidur teratur serta lebih mudah tidur, diantaranya :

  • Membuat jadwal tidur

Dengan mengatur jadwal tidur sedemikian rupa, guna untuk mendapatkan waktu tidur minimal 7 sampai 8 jam sehari. Bila perlu gunakan bantuan alarm untuk mengatur waktu mulai tidur dan bangun tidur.

  • Batasi tidur siang

Tidur di siang hari memang baik untuk tubuh. Tetapi jika waktunya terlalu lama maka dapat mengganggu pada jam tidur di malam hari. Oleh karena itu, sebaiknya untuk membatasi jam tidur di siang hari.

  • Mengatur jenis makanan dan minuman

Hindari untuk mengonsumsi makanan berat saat sebelum akan tidur termasuk minuman kafein dan minuman beralkohol. Karena minuman atau makanan tersebut akan membuat Anda tetap terjaga di tengah malam.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

  • Buat suasana tidur tenang

Dengan meredupkan lampu dan pastikan juga udara cukup sejuk supaya memicu rasa tenang dan juga mengantuk. Selain itu juga, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang dapat membuat tubuh menjadi lebih santai seperti mandi atau relaksasi.

  • Tingkatkan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas olahraga seperti dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Akan tetapi hindari berbagai macam kegiatan yang terlalu berat ataupun aktif sebelum akan tidur supaya tidak lelah dan malah sulit untuk tidur.

  • Hindari stress

Kondisi seperti ini seringkali menjadi penyebab susah tidur. Terdapat beberapa hal yang dapat dicoba untuk mengurangi stress yaitu dengan melakukan mandi air hangat atau meditasi.

Berikut ini proses tubuh saat Anda tidur sebelum jam 9 malam :

  • Pukul 21.00-23.00 adalah waktu tubuh untuk membuang racun dibagian kelenjar
  • Pukul 23.00-01.00 adalah waktu tubuh untuk membuang racun dibagian hati
  • Pukul 01.00-03.00 adalah waktu tubuh untuk membuang cairan empedu
  • Pukul 03.00-05.00 adalah waktu tubuh untuk membuang racun dibagian paru-paru-p
  • Pukul 05.00 sangat dianjurkan untuk membuang air kecil supaya semua racun dapat keluar sepenuhnya dari tubuh dan waktu terbaik untuk melakukan aktivitas

Jika seseorang tidur lagi pukul 05.00 keatas, maka organ tubuh bisa mengacaukan pada fungsi hati serta dampak yang paling terasa yaitu pagi hingga siang tubuh akan merasa lemas dan mengantuk, sedangkan pada malam harinya tuuh akan terasa fit dan segar, bahkan tidak dapat tidur dimalam hari.

| Benarkah Sering Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Kanker Hati?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.