Pengobatan Medis Kemoterapi Untuk Penyakit Kanker Hati

Kemoterapi atau yang sering disebut dengan kemo adalah sebagai pengobatan terhadap kanker untuk membunuh sel kanker. Kemoterapi sistemik ini digunakan untuk seluruh anggota tubuh. Pada pengobatan ini, obat anti kanker akan disuntikkan atau diberikan secara oral. Dengan menggunakan bahan kimia maka akan masuk ke dalam aliran darah sehingga dapat mempengaruhi pada bagian tubuh lainnya. Kemoterapi sistemik ini tidak digunakan untuk mengobati kanker hati karena keseringan kanker hati menolak obat kemo. Obat-obatan yang paling efektif digunakan sama seperti kemoterapi sistemik pada kanker hati yaitu Doxorubicin (Adriamycin) 5-fluorouracil dan cisplatin.

pengobatan medis kemoterapi untuk kanker hati

Pada obat-obatan kemoterapi dapat mengecilkan hanya sebagian kecil dari tumor. Obat kemo ini sering digunakan untuk mengobati penyakit kanker kedua atau lainnya, atau juga dapat digunakan setelah melakukan operasi atau krioterapi bertujuan untuk menghilangkan sisa sel kanker. Hal ini karena obat kemoterapi bisa mempengaruhi pada banyak bagian, maka dari itu obat ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker yang sudah menyebar ke organ tubuh lain. Selain itu juga dapat digunakan untuk pengobatan paliatif guna untuk memperlambat pada perkembangan penyakit kanker dan mengurangi rasa sakit.

Oleh karena itu kemoterapi sistemik tidak bisa untuk menargetkan sel kanker pada hati, maka hal ini bisa mempengaruhi pada sel sehat dalam tubuh serta menyebabkan dampak yang tidak diinginkan. Dampak dari melakukan kemoterapi ini yaitu mual, muntah, lemas, lelah, rambut menjadi rontok, dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, efek dari pengobatan kemoterapi pada tubuh dan tingkat dari keparahannya tergantung pada keseluruhan kesehatan, fungsi hati serta apabila Anda mengalami penyakit sirosis tingkat lanjut.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Transarterial Chemoembolization (TACE)

Kemoembolisasi atau TACE merupakan kombinasi dari kemoterapi dan embolisasi yang berperan untuk membantu menargetkan sel kanker pada hati. Pada pengobatan ini, obat kemo yang akan diberikan langsung pada sel kanker dan disegel dengan embolisasi. Dengan menggunakan pengobatan ini, dokter pun akan bisa menggunakan obat yang lebih kuat tanpa dapat menyebabkan banyak efek samping dari kemoterapi sistemik dengan menargetkan tumor secara langsung. Perlu diketahui bahwa TACE jarang digunakan untuk kanker kedua.

Sebelum prosedur itu dilakukan, maka Anda akan diberikan anestesi lokal dan beberapa obat-obatan sebagai penenang. Kemudian pada selama prosedur itu sedang dilakukan, maka obat kemo tersebut akan disuntkkan dengan melalui kateter, tabung panjang dan juga tipis ke dalam arteri hati. Lalu obat kemo akan dimasukkan kedalam tabung. Pada obat ini akan bergerak ke dalam arteri serta akan berpindah ke area tumor. Gelatin akan dimasukkan ke dalam arteri dengan lebih kecil dan mengarah ke area tumor. Proses penyumbatan arteri ini akan menjaga kemoterapi pada tumor serta menjauhkan kanker dari oksigen dan nutrisi.

Biasanya pada pengobatan ini diberikan hanya sekali atau beberapa bulan sekali. Setiap selesai pengobatan TACE, maka Anda diperlukan untuk tetap berbaring selama beberapa jam atau menginap beberapa hari. Sebelum melakukan pengobatan ini, alangkah baiknya untuk konsultasikan dengan dokter terkait semua pilihan pengobatan untuk penyakit kanker hati. Namun hal itu tergantung dengan kondisi dan tingkat keparahan penyakit kanker yang dialami, karena TACE bisa untuk menjadi pilihan Anda.

| Pengobatan Medis Kemoterapi Untuk Penyakit Kanker Hati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.